Awal Jumpa dengan Kampus Insan Penuh Cinta Unipdu Jombang


Kampus Insan Penuh Cinta Unipdu Jombang

Dunia perkuliahanku segera dimulai saat aku mendaftarkan diri pada sebuah universitas swasta di Kabupaten Jombang. Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum atau yang biasa dikenal dengan sebutan Unipdu adalah almamater terbaruku. 

Sebelum resmi menjadi seorang mahasiswa, rangkaian kegiatan ospek atau Oscar (Orientasi Studi Cinta Almamater) sudah menanti untuk dikencani. Dimulai dari oscar universitas sampai fakultas. Hal ini tidak lain sebagai masa pengenalan dunia kampus kepada setiap calon mahasiswa. Kita dibekali keilmuan-keilmuan sebagai pengantar sebelum menjadi seorang mahasiswa. Tak hanya itu, karena universitas ini merupakan perguruan tinggi satu-satunya yang mempedomankan kata pesantren dalam namanya. Tentu saja tidak pada nama saja, kita sebagai calon mahasiswa pun mulai dikenalkan seperti apa bentuk kegiatan atau muatan tambahan perguruan tinggi yang berdasar pesantren ini

Acara ini berlangsung seru dan menarik. Adanya komdis sebagai komisi kedisiplinan pun menjadi cerita tersendiri dalam pengalaman ini. Kita diajarkan untuk selalu patuh terhadap sesuatu yang bermanfaat bagi kita maupun orang-orang di sekitar kita. Tentunya dengan cara mengasyikkan pula, seperti penertiban kepada calon mahasiswa yang melanggar guna menyadarkan setiap kesalahan yang dialami. Ada pula masa bergembira ketika penyampaian materi dijejali dengan beberapa kegiatan yang menarik hati. Seperti menyanyi bersama, meriakkan jargon fakultas kita, yakni fakultas Saintek yang berbunyi "Siapa kita.. Satu, Kita nomor... Satu, tujuan kita... Satu, Oscar Saintek 2019.. We are smart and to be nomero uno" dan banyak keseruan lainnya. 

Jalan hidup seseorang itu memanglah sebuah rahasia tiada tanding, tak mampu seorang pun untuk menerka dan mengira. Tapi satu hal yang pasti bahwa garis kehidupan sudah ditetapkan dan pasti menjadi yang terbaik bagi setiap insan. Memang benar jika kita bisa berencana tapi yang Maha Kuasa lah yang tahu akan segalanya. Menuntut ilmu bukanlah perkara tempat, namun perkara hati yang senantiasa ikhlas. Jalani saja alurnya. 

Comments